Menjaga Kesehatan Adalah Tanggung Jawab Kita Sendiri !

Saat ini kita melihat bahwa pola hidup kebanyakan orang menjadi sangat beresiko terhadap tingkat kesehatan mereka sendiri. Pola tidur dimana sering kita temui bahwa begadang sudah menjadi kebiasaan banyak orang yang jelas - jelas tidak sehat, terlebih yang sudah kecanduan dengan gadget. Pola makan juga menjadi hal yang mulai terabaikan dimana dulu kebanyakan orang makan teratur tiga kali sehari dengan makanan bergizi baik, sekarang, makan sekali sehari sudah bukanlah hal aneh lagi. Itu pun makanan yang dikonsumsi bukanlah makanan sehat seperti makanan instan atau makanan yang mengandung msg / bahan pengawet lainnya.

Sumber : pexels

Menjaga kesehatan adalah tanggung jawab kita sendiri. Sehatnya kita, sakitnya kita, adalah ganjaran yang kita terima atas keseharian yang kita jalani. Tuhan tlah memberikan kita jiwa dan raga yang putih bersih, lalu mengapa harus kita cederai dengan kesalahan kita sendiri. Tugas kitalah untuk menjaga tubuh kita.

Belum lama ini, saya melihat berita dimana banyak orang yang kecanduan atau bahkan keracunan karena over-dosis dalam mengkonsumsi Parasetamol. Konyolnya ada beberapa orang yang menganggap bahwa obat - obatan tertentu bisa memberikan mereka kenyamanan dalam menghadapi masalah. SALAH BESAR !

Begini ya, apapun yang berlebihan itu seringnya akan berakhir tidak baik untuk diri kita sendiri, terlebih obat - obatan yang mengandung unsur kimiawi yang sudah ditetapkan takaran dosisnya. Meskipun tertera lingkaran hijau di kemasan obat yang dikonsumsi, namun semuanya harus sesuai dengan resep dokter atau sesuai aturan yang dicantumkan di kemasan obat. Jangan pusing sedikit karena gagal move-on, lantas minum obat penenang. Jangan karena putus cinta, lalu mengkonsumsi obat penenang yang dijual bebas.

Obat - obatan semacam itu adalah wilayah ahli farmasi dan mereka meracik obat tentunya tidak seperti kita membuat es teh manis. Bahkan mereka memiliki Persatuan Ahli Farmasi nya sendiri, salah satu yang ada di Labuhan Batu adalah pafilabuhanbatu.org yang merupakan organisasi yang mengumpulkan para ahli farmasi.

sumber : pexels

Mulai sekarang, ayo kita sama - sama menjaga tubuh kita. Ada cara lebih baik dalam menghadapi stres dalam keseharian, contohnya adalah dengan berlibur, berkumpul bersama keluarga, bermain dengan teman, dan berolahraga. Meskipun melelahkan, berolahraga adalah alternatif termudah dalam meredakan stres karena dengan berolahraga, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon endorfin. Hormon ini adalah hormon bahagia yang diproduksi oleh otak dan sumsum tulang.

Saya kira keberadaan organisasi yang menaungi ahli farmasi seperti pafilabuhanbatu.org akan sangat baik, apalagi kalau mereka aktif dalam memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat terkait bahaya penggunaan obat secara berlebihan. 

Berwirausaha itu tidak mudah, tubuh dan jiwa kita harus benar - benar kuat. Semoga kita semua menjadi wirausahawan hebat yang mampu berbicara lebih banyak dalam mendukung perekonomian bangsa.








No comments:

berikan komentar anda dengan bijak. untuk memasang link anda kami sarankan menggunakan Name/URL demi kenyamanan kita bersama. salam wirausaha.

Powered by Blogger.